Staycation di Hotel Grand Rohan Jogja, Hotel Syariahnya Jogja

"Assalamualaikum ibu" seorang petugas membukakan pintu dan mengucap salam dengan ramah. "Walaikum salam pak, terima kasih" saya menjawab dengan tak kalah ramah dan penuh senyum. Hahahaha, mood saya baru bagus-bagusnya, karena mau staycation di hotel bintang 4 di Jogja yang fasilitasnya komplit, jadi full senyum dech. 


Karena saya datang sebelum waktunya check in, jadi saya menunggu di lobby sembari menikmati welcome drink yang segar dan berjalan-jalan lihat koleksi motor dan mobil klasik yang ada di sekitaran lobby. "Pemiliknya pasti pecinta mobil klasik ini, koleksinya banyak dan bagus-bagus" saya berkata pada diri sendiri.

Pelayanan Check-in yang Cepat di Hotel Grand Rohan Jogja


Ohya, saya belum cerita ya, di mana saya menginap pada pekan lalu, 26-27 Agustus 2024? Saya berkesempatan menikmati semalam yang menyenangkan di Hotel Grand Rohan Jogja. Hotel MICE bintang empat yang memiliki konsep syariah sebagai value utama yang dijalankan dalam manajemen hotel ini. 

Tiba waktunya check in pukul 14.00 WIB. Mbak-mbak ramah berkerudung melayani saya check-in dan meminjam ID card saya. Dan tanpa menunggu lama saya mendapat kunci dan dipersilakan untuk ke kamar yang sudah disiapkan di lantai 6.

Grand Rohan Jogja memiliki jumlah kamar sebanyak 185 kamar dengan beberapa tipe antara lain, Deluxe, Deluxe Balcony, Executive Suite, Business Suite, Premium Suite, geritage Suite dan Grand Rohan Suite.  Saya mendapat kamar tipe Deluxe Balcony, wah seru sekali ada balkonnya, bisa bersantai menghirup udara segar dengan view kolam renang.


Tanpa babibu, saya segera naik ke kamar, karena memang sudah pengen rebahan setelah dari pagi menemani anak basket. Bau harum menyeruak saat saya membuka pintu kamar. Ehm, saya suka sama kamar yang bersih, rapi dan wangi. Saya rapikan barang-barang yang saya bawa di lemari, berganti sepatu dengan sandal kamar berwarna hitam. 



"Wow, ada kue selamat datang yang cantik di meja" spontan saya teriak. Macaron warna warni dengan buah di atasnya, langsung deh saya cicipin dan lezzat gaes. Sambil menunggu roommate saya datang, televisi saya nyalakan dan nonton film favorit, tentu sambil menghabiskan macaron yang manis.


Hotel Syariah yang Sesungguhnya


Tak terasa sudah satu jam saya beristirahat dan mendengar suara adzan, saya keluar kamar dan suara adzan jelas terdengar di lorong kamar. Sebagai hotel syariah, vibesnya terasa banget, dan sangat bermanfaat bagi saudara muslim, pengingat jam beribadah agar tidak terlambat waktunya.

Untuk kelengkapan sholat di kamar juga disediakan sajadah, mukena dan sarung. Semuanya bersih dan wangi, tergantung di almari. Alquran tak lupa juga ada lho di meja. Tamu benar-benar dimanjakan tak hanya kenyamanan tapi juga fasilitas pendukung untuk sholat.

Menikmati Senja di Tasneem Pool dan Afternoon Meals


Mendekati sore, mbak Ika (teman sekamar) saya datang, agak lega saya karena saya nggak berani tidur sendiri. Hahaha. Badan boleh besar, tapi kalau urusan bobo, saya butuh teman gaes. Mbak Ika kemudian sholat Ashar dulu, menggunakan mukena dan sajadah yang ada di lemari. Kemudian lanjut kami berdua dan teman yang lain turun ke kolam renang, mau santai-santai menikmati sore sembari ngobrol dan tak lupa cemilan duonk.


Grand Rohan Jogja melayani paket pesanan Pizza lho, ada meat Lover Pizza seharga 98 ribu. Bisa dinikmati di hotel atau take away. Selain Meat Lover Pizza, ada juga Seroja Platter , Dimsum dan Es Lemon Lea. 


Untuk afternoon meals, aku menikmati Meat Lover Pizza, Seroja Platter, Dimsum dan Ice Lemon Tea. Semuanya enak, pizzanya apalagi, daging dan kejunya terasa di tiap gigitan. Untuk platter isinya ada sosis, kentang, ikan dori, saya paling suka sama kentang goreng berbumbu-nya. Enak banget gaes.




Btw, kolam renangnya Hotel Grand Rohan Jogja luas lho. Ada kolam anak dengan kedalaman sampai 80 m dan kolam renang dewasa dengan kedalaman 120 cm. Lumayan lah buat yang nggak terlalu mahir berenang, kedalaman segitu tidak mengintimidate. Hehehehe


Dinner di Lembayung Senja Resto




Saya sudah sering mengikuti meeting di Grand Rohan Jogja, karena memang Grand Rohan ini salah satu hotel yang besar di Bantul. Meski lokasinya sangat strategis di depan JEC, tapi secara administratif hotel ini berada di Kabupaten Bantul. Kantor sudah sering mengadakan meeting di Grand Rohan Jogja dengan paket fullday. Menu-menu yang disajikan Grand Rohan tak pernah gagal sih menurut saya, dan makin tak terbantahkan ketika saya menginap di sini sekaligus menikmati sarapan, makan siang, makan malam dan afternoon mealsnya.


Setelah mbak Ika menunaikan sholat Isya, kami turun ke Lembayung Senja Resto yang berada di lantai bawah, belakangnya lobby hotel. Resto ini berkonsep semi outdoor dengan halal bar untuk tamu bisa menikmati sajian minuman dari coffee hingga ragam mocktail.







Menu dinner kali ini Nasi Goreng Seroja, Sup Iga Sunsum, Bakmi Jawa Goreng, Tomyam Seafood, Pasta Carbonara dan Burger Grand Rohan Jogja. Semua dengan porsi besar gaes, dijamin kenyang dan bisa sharing sih menurut saya, jadi bisa cicip yang menu lain gitu. Nasi gorengnya dilengkapi telur dan daging sapi dengan rasa mirip nasi goreng Jakarta yang terasa rempahnya. Sop Iga Sunsum dagingnya banyak, Tom yam full seafood, ada udang dan bakso cumi. Burgernya super besar, dilengkapi kentang goreng. Pasta carbonaranya creamy dan nggak eneg, sedang gongnya Bakmi Goreng Jawa yang real Jawanya. Enak banged.




Obrolan bersama teman-teman yang bikin ngakak membuat malam saya terasa berwarna. Perut kenyang mengantarkan saya kembali ke kamar untuk segera beristirahat, beberapa wacana teman yang mau ngegym sesudah makan beneran jadi wacana. Kami terlelap di kasur empuknya kamar hotel Grand Rohan Jogja.



Breakfast dan Lunch di Seroja Restaurant



Saya memulai hari dengan mandi pagi. Oh tidak, itu bohong gaes. Olahraga dulu donk biar sehat. Ada banyak pilihan olah raga di Grand Rohan Jogja, bisa ngegym di Fit-Venture Fitness Centre

atau renang di Tasneem Swimming Pool atau bisa juga jogging di depan hotel yaitu area Jogja Expo Center.


Jika mbak Riana work out di area gym, saya jogging bersama mbak Iffah dan Stafa di JEC. Setelah dua putaran mbak Iffah memilin untuk sarapan, sedang saya melanjutkan lari sampai 5k. Saya sadar berapa kalori yang saya nikmati selama menginap di Grand Rohan Jogja, dan saya tidak bisa men-skip karena enak semua. Hahaha. Jadi harus diimbangi dengan pembakaran kalori. 






Setelah smart watch saya menunjukkan angka 5k, saya langsung balik ke hotel dan menyusul teman-teman yang sudah menimati sarapan mereka. Mas-mas yang berada di pintu masuk menyapa dengan ramah dan bertanya saya dari kamar berapa. Kemudian mempersilakan saya masuk dan menikmati menu all you can eat


Ehm, mau tahu saya menikmati apa saja? Check this foto :)




Puas sarapan, saya kembali ke kamar untuk mandi. Eh enggak. Mau rebahan aja sambil nonton film bentar lanjut mau berenang. Yah, mumpung ada Tasneem Swimming Pool yang luas, sayang kalau nggak dinikmati sekaligus merelax tubuh. Yah meski agak kesiangan untuk berenang karena sudah jam 9 lebih, lumayan buat mewarnai kulit, biar agak manis sedikit. Hahahah





Saya berenang sekitar satu jam dan langsung lapar lagi, dari beragam olahraga yang bikin saya terasa lapar itu berenang. Di kolam renang disediakan beberapa toilet dan ruang bilas. Toiletnya lengkap dengan air panas dan air dingin. Sebelum check out, kami makan siang Seroja Restaurant masih dengan konsep all you can eat tapi dengan menu yang berbeda.






Grand Rohan Jogja menawarkan sajian makan siang all you can eat setiap hari dari Senin hingga sabtu dari pukul 11.30 - 14.00 di Seroja Restaurant. Sajian makan siang ini memiliki beragam tema yang menarik, antara lain:


  • Senin | Eat is Monday

Bertema sajian makanan yang menjadi rekomendasi chef Grand Rohan Jogja dari western hingga tradisional

  • Selasa | Selasa Nusantara

Sajian makanan dengan konsep beragam masakan nusantara dari berbagai daerah di Indonesia

  • Rabu | Asian Culinary

Sajian makan siang dengan konsep menyajikan ragam kuliner asia dari berbagai negara malaysia, philippines, jepang dll

  • Kamis | Seroja Westifal

Sajian makan siang dengan menyajikan ragam kuliner western dari beragam daerah seperti pizza, burger, olahan daging dan ikan.

  • Jumat | Jumat Barokah

Sajian makan siang dengan menyajikan ragam kuliner spesial khas timur tengah seperti nasi briyani, nasi mandhi, maryam bread dll

  • Sabtu | Pasar Tumplek

Sajian makan siang dengan menyajikan ragam kuliner mix nusantara dan western serta tradisional


Paket all you can eat ini dapat dinikmati dengan harga Rp 150.000 per pax









Fasilitas Umum di Grand Rohan Jogja





  • Kids-Venture Playground


Area bermain anak yang terletak di sebelah area kolam renang, dapat dinikmati para tamu khususnya anak-anak sehingga staycation lebih seru.


  • Tasneem Swimming Pool


Area berenang untuk tamu yang memilki kedalaman 60cm, 85cm, dan 120cm. Area khusus untuk anak juga tersedia di kedalaman 60cm.


  • Fit-Venture Fitness Centre


Terletak di sebelah kids-venture playground, fitness centre ini memiliki area yang memadai untuk para tamu berolahraga dengan adanya fasilitas threadmill, functional machine dan dumbbell.


  • Masjid Al Mi’raj


Terletak satu lantai dengan lobby masjid indoor ini menyediakan jadwal sholat 5 waktu berjamaah dan Adzan di seluruh area. Dengan fasilitas area wudhu yang nyaman dan peralatan sholat yang lengkap.



Foto-Foto di Area Riaz Garden






Are Grand Rohan Jogja ini sangat luas. Di belakang ada area Riaz garden, outdoor area yang cantik dengan taman, joglo, gazebo, kolam dan jembatan. Sebagai banci foto, rasanya sayang jika tidak pose dikit-dikit di taman seindah ini. 'Kan mumpung ada teman-teman photograper mbak Nisya dan Rianna. Gunakan sedikit talenta mereka. Hahahaha.


Teman-teman, area ini cocok sekali untuk menjadi tempat pelaksanaan berbagai macam acara seperti outdoor wedding, outdoor event gathering, maupun sekedar fasilitas tamu untuk berolahraga.


Kesimpulan Staycation di Grand Rohan Jogja




Setelah dua hari satu malam di Grand Rohan Jogja, saya menyarankan teman-teman untuk menginap di sini, bisa untuk staycation atau kalian yang datang dari luar kota. Selain lokasinya yang sangat strategis, fasilitas lengkap dan memuaskan dan menu kuliner yang enak serta cocok sekali bagi liburan keluarga baik yang muslim atau yang tidak. Bagi yang muslim tentu sangat mendukung dengan fasilitas masjid dan alat ibadah, bagi non muslim pun tetap sangat nyaman dan welcome. So, kalau ke Jogja menginap di Hotel Grand Rohan Jogja yaa, mumpung ada promo bisa cek info berikut.


Pemesanan kamar di Grand Rohan Jogja dapat melalui website Grand Rohan Jogja yaitu www.grandrohanjogja.com


Dapatkan 25% diskon untuk tamu yang reservasi melalui website dan menggunakan kode promo #ROHAN2024 







Komentar